Kls 7
NO
|
MATERI
POKOK
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
|
1
|
Ingin
Meneladani Ketaatan Malaikat-malaikat Allah swt
|
3.4 Memahami makna iman kepada malaikat
berdasarkan dalil naqli.
|
1
|
Disajikan deskripsi tentang
keyakinan kepada para malaikat Allah swt, peserta didik dapat menentukan
pengertian iman kepada malaikat Allah swt dengan banar
|
2
|
Disajikan tabel tentang nama-nama
malaikat dan tugasnya, peserta didik dapat menentukan pasangan yang benar
|
|||
3
|
Disajikan ayat Al-Quran tentang
salah satu tugas malaikat, peserta didik dapat menentukan nama malaikat yang
tugasnya sesuai ayat di atas dengan benar
|
|||
4
|
Disajikan pernyataan tentang
sifat-sifat malaikat, peserta didik dapat mengidentifikasi sifat-sifat
malaikat dengan benar.
|
|||
5
|
Disajikan deskripsi tentang
perbedaan antara malaikat dan jin, peserta didik dapat mengidentifikasi
perbedaan tersebut dengan benar
|
|||
6
|
Disajikan deskripsi tentang
perilaku yang mencerminkan pengamalan iman kepada malaikat, peserta didik
dapat mengidentifikasi perilaku tersebut dengan benar
|
|||
7
|
Disajikan deskripsi tentang fungsi
iman kepada malaikat, peserta didik dapat menyebutkan fungsi iman kepada
malaikat dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
|
|||
2
|
Berempati
itu Mudah, Menghormati itu Indah
|
3.6 Memahami makna hormat dan patuh kepada
kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama.
|
1
|
Ditampilkan ayat Al-Quran tentang
salah satu perilaku terpuji, peserta didik dapat menjelaskan maknanya dengan
benar
|
2
|
Disajikan deskripsi tentang
perilaku empati, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku empati bagi
seorang pelajar dengan benar
|
|||
3
|
Disajikan deskripsi tentang
perilaku terpuji, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku berbuat baik
kepada orang tua ketika masih hidup dengan benar
|
|||
4
|
Disajikan deskripsi tentang
perilaku terpuji, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku berbuat baik
kepada orang tua ketika sudah meninggal dengan benar
|
|||
5
|
Disajikan deskripsi tentang
perilaku terpuji, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku hormat kepada
guru dengan benar
|
|||
3
|
Memupuk
Rasa Persatuan pada Hari yang Kita Tunggu
|
3.9 Memahami ketentuan salat Jumat
|
1
|
Disajikan deskripsi tentang salat
Jumat, peserta didik dapat mengidentifikasi hal-hal yang tidak benar tentang
ketentuan salat Jumat
|
2
|
Ditampilkan ayat Al-Quran tentang
salat Jumat, peserta didik dapat menjelaskan maknanya dengan benar
|
|||
3
|
Disajikan deskripsi tentang salat
Jumat, peserta didik dapat mengidentifikasi syarat wajib Jumat dngan benar
|
|||
4
|
Disajikan beberapa pernyataan
tentang hal-hal yang terkait sebelum salat Jumat, peserta didik dapat
mengidentifikasi hal-hal yang yang disunnahkan sebelum salat Jumat dengan
benar.
|
|||
5
|
Disajikan beberapa pernyataan
tentang salat Jumat, peserta didik dapat menentukan empat golongan yang boleh
meninggalkan Jumat dengan benar
|
|||
6
|
Disajikan beberapa pernyataan
tentang tata cara pelaksanaan salat Jumat, peserta didik dapat mengurutkan
tata cara slat Jumat dengan benar
|
|||
7
|
Disajikan deskripsi tentang
khutbah dalam salat Jumat, peserta didik dapat menyebutkan rukun-rukun
khutbah Jumat secara berurutan dengan benar
|
|||
4
|
Islam
Memberikan Kemudahan melalui Salat Jamak dan Qasar
|
3.10 Memahami ketentuan Salat jamak dan qasar
|
1
|
Disajikan deskripsi tentang salat
jamak dan qasar, peserta didik dapat menentukan ketentuan salat jamak takhir
dengan benar
|
2
|
Disajikan deskripsi tentang
salat jamak dan qasar, peserta didik
dapat mengidentifikasi salat-salat yang boleh diqasar dengan benar
|
|||
3
|
Disajikan deskripsi tentang
salat jamak dan qasar, peserta didik
dapat mengidentifikasi pelaksanaan salat jamak-qasar dengan benar
|
|||
4
|
Disajikan deskripsi tentang
salat jamak dan qasar, peserta didik
dapat menentukan sebab dibolehkannya mengqasar salat dengan benar
|
|||
5
|
Disajikan deskripsi tentang salat
jamak, peserta didik dapat menentukan syarat-syarat salat jamak takdim dengan
benar
|
|||
6
|
Disajikan deskripsi tentang
salat jamak dan qasar, peserta didik
dapat menentukan urutan tata cara salat jama-qasar dengan jamak takdim dengan
benar
|
|||
8
|
Disajikan deskripsi tentang
salat jamak, peserta didik dapat
menjelaskan macam-macam salat jamak dan menyebutkan contohnya masing-masing
dengan benar
|
|||
5
|
Hijrah
ke Madinah sebuah Kisah yang Membanggakan
|
3.12 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad
saw. Periode Madinah
|
1
|
Disajikan deskripsi tentang
sejarah hijrah Nabi Muhammad saw ke madinah, peserta didik dapat
mengidentifikasi tempat persembunyian nabi sebelum sampai ke madinah dengan
benar
|
2
|
Disajikan deskripsi tentang
sejarah hijrah Nabi Muhamad saw ke madinah, peserta didik dapat
mengidentifikasi masjid yang pertama dibangun dengan benar
|
|||
3
|
Disajikan deskripsi tentang
sejarah hijrah Nabi Muhammad saw ke madinah, peserta didik dapat menentukan
nama sahabat yang menemani beliau hijrah ke Madinah dengan benar
|
|||
4
|
Ditampilkan deskripsi ttg sejarah
hijrah Nabi Muhammad saw ke madinah, peserta didik dapat mengidentifikasi
sebab-sebab hijrah ke Madinah dengan benar
|
|||
5
|
Disajikan deskripsi tentang
sejarah hijrah Nabi Muhamad saw ke madinah, peserta didik dapat
mengidentifikasi hal-hal yang dilakukan Nabi saw ketika berada di Madinah
dengan benar
|
|||
6
|
Disajikan deskripsi tentang
sejarah hijrah Nabi Muhammad saw ke madinah, peserta didik dapat menyebutkan
isi dari Piagam Madinah dengan benar
|
|||
6
|
Al-Khulafa'u
Ar-Rasyidun Penerus Perjuangan Nabi Muhammad saw
|
3.13 Memahami sejarah perjuangan dan kepribadian
al-Khulafa'u al- Rasyidun
|
1
|
Disajikan deskripsi tentang
al-Khulafa'u ar-Rasyidun, peserta didik dapat menjelaskan pengertian al-Khulafa'u ar-Rasyidun dengan
benar
|
2
|
Disajikan deskripsi tentang
sejarah al-Khulafa'u ar-Rasyidun, peserta didik dapat menentukan program
kerja yang dilakukan Khalifah Abu Bakar as-Siddiq dengan benar
|
|||
3
|
Disajikan deskripsi tentang
al-Khulafa'u ar-Rasyidun, peserta didik dapat menentukan salah satu
dari al-Khulafa'u ar-Rasyidun
yang mendapat gelar zunnurain dengan benar
|
|||
4
|
Ditampilkan deskripsi tentang
sifat-sifat yang dimiliki oleh para al-Khulafa'u ar-Rasyidun, peserta
didik dapat menentukan sifat-sifat yang menonjol yang dimiliki oleh Ali bin
Abi Thalib dengan benar
|
|||
5
|
Disajikan deskripsi tentang
sifat-sifat yang dimiliki oleh Umar bin Khattab, peserta didik dapat
menentukan julukan yang diberikan nabi saw kepada Umar bin Khattab dengan
benar
|
|||
7
|
Hidup
Jadi Lebih Damai dengan Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf
|
3.13 Memahami makna QS. An-Nisa/4: 146, QS.
Al-Baqarah/2: 153, dan QS. Ali 'Imran/3: 134, serta hadis yang terkait
tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf.
|
1
|
Ditampilkan potongan ayat QS.
Al-Baqarah/2: 5 yang mengandung hukum bacaan nun mati/tanwin, peserta
didik dapat mengidentifikasi contoh hukum bacaan idgham dengan benar
|
2
|
Ditampilkan QS. Al-Fil/105: 5 yang mengandung hukum
bacaan nun mati/tanwin, peserta didik dapat mengidentifikasi cara
membacanya dengan benar
|
|||
3
|
Ditampilkan QS. Al-'Adiyat/100: 11 yang mengandung
hukum bacaan mim mati, peserta didik dapat menentukan hukum bacaan mim
mati dengan benar
|
|||
4
|
Ditampilkan beberapa potongan ayat
yang mengandung hukum bacaan nun mati/tanwin, peserta didik dapat
mengidentifikasi contoh hukum bacaan ikhfa haqiqi dengan benar
|
|||
5
|
Disajikan pernyataan tentang
perilaku sabar, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku sabar dalam
menjalankan perintah Allah dengan benar
|
|||
6
|
Ditampilkan beberapa pernyataan
tentang perilaku terpuji, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku
ikhlas dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
|
|||
7
|
Ditampilkan potongan ayat QS. Ali
Imran/3: 134 yang mengandung salah satu sifat terpuji, peserta didik dapat
menjelaskan maknannya dengan benar
|
|||
8
|
Ditampilkan potongan ayat QS.
Yasin/36: 18-19 yang mengandung hukum bacaan mim mati, peserta didik
dapat mengidentifikasi contoh-contoh hukum bacaan mim mati dengan
benar
|
Kls 8
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
INDIKATOR
SOAL
|
NO.
SOAL
|
BENTUK
SOAL
|
KET.
|
1
|
3.4 Memahami makna beriman kepada Rasul Allah Swt.
|
Meneladani
Sifat-Sifat Mulia dari Rasul Allah SWT
|
3.
Menyebutkan nama-nama Nabi dan
Rasul dengan benar
|
1
2
3
4
5
6
41
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
ESSAY
|
C2
C3
C4
C2
C3
C4
C2
|
2
|
3.7 Memahami cara berbuat baik, hormat, dan patuh
kepada orang tua dan guru.
|
Hormat dan Patuh Kepada Orang Tua dan Guru
|
|
7
8
9
42
|
PG
PG
PG
ESSAY
|
C2
C3
C4
C3
|
3
|
3.8 Memahami makna perilaku gemar beramal saleh
dan berbaik sangka kepada sesama.
|
Menghiasi
Pribadi dengan Berbaik Sangka dan Beramal
Saleh
|
|
10
11
12
13
14
43
|
PG
PG
PG
PG
PG
ESSAY
|
C2
C3
C4
C2
C3
C4
|
4
|
3.11 Memahami tata cara puasa wajib dan sunah.
|
Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertakwa
|
|
15
16
17
18
19
44
|
PG
PG
PG
PG
PG
ESSAY
|
C2
C3
C4
C2
C3
C4
|
5
|
3.12 Memahami ketentuan makanan dan minuman yang
halal dan haram berdasarkan al-Qur’ān dan hadis.
|
Mengonsumsi
Makanan dan Minuman yang Halal dan Menjauhi yang Haram
|
|
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
C2
C3
C4
C2
C3
C4
C2
C3
C4
C2
C3
C3
|
6
|
3.14 Memahami sejarah pertumbuhan ilmu
pengetahuan masa Abbasiyah.
|
Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada Masa Abbasiyah
|
|
32
33
34
35
|
PG
PG
PG
PG
|
C2
C3
C4
C2
|
7
|
3.2 Memahami Q.S. an-Nahl/16: 114 dan
hadis terkait tentang
mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan
bergizi dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Hidup
Sehat dengan Makanan dan Minuman yang Halal serta Bergizi
|
|
36
37
38
39
40
45
|
PG
PG
PG
PG
PG
ESSAY
|
C2
C3
C4
C2
C3
C4
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar